(fee.org)
Oleh:
Tim Hukumindo
Membuat
artikel tentang Cicero dan pemikiran hukumnya bukan pekerjaan mudah. Dikenang
karena kemasyhurannya sebagai pengacara pada zaman Romawi, pengaruh Cicero
terkait hukum masih dirasakan hingga saat ini. Khususnya sebagai salah satu
pemikir aliran hukum alam. Dengan keterbatasan sumber langsung, maupun kendala
bahasa dan mileu hukum dan masyarakat
yang berbeda jauh dengan saat ini, menjadikan tugas ini makin berat. Akan
tetapi, penulis mempunyai niat baik untuk mengisi kekosongan artikel hukum
tentang Cicero, khususnya yang berbahasa Indonesia. Atau setidaknya usaha
penulis menterjemahkan sumber-sumber hukum terkait tentang Cicero dan pemikiran
hukumnya kemudian merangkumnya ke dalam suatu tulisan ringan di sini dapat
menjadi semacam penawar dahaga intelektual tersebut.
Sejarah Singkat Cicero
Marcus
Tullius Cicero, nama panggilan bahasa Inggris Tully, (lahir 106 SM, Arpinum,
Latium [sekarang Arpino, Italia] — meninggal 7 Desember, 43 SM, Formiae, Latium
[sekarang Formia]), negarawan Romawi, pengacara, sarjana, dan penulis yang mencoba
menegakkan prinsip-prinsip republik dalam perang saudara terakhir yang
menghancurkan Republik Romawi. Tulisannya termasuk buku-buku retorika, orasi,
risalah filosofis dan politik, dan surat-surat. Dia dikenang di zaman modern
sebagai orator Romawi terbesar dan inovator dari apa yang kemudian dikenal
sebagai retorika Ciceronian.[1]
Cicero
adalah putra dari keluarga kaya Arpinium. Mengenyam pendidikan di Roma dan
Yunani, ia melakukan dinas militer di bawah pimpinan Pompeius Strabo (bapak
negarawan dan jenderal Pompey) dan tampil pertama kali di pengadilan membela
Publius Quinctius pada tahun 81. Sebagai Praetor (seorang pejabat kehakiman
yang sangat berkuasa saat itu), pada usia 66 tahun ia membuat pidato politik
penting pertamanya, melawan Quintus Lutatius Catulus dan memimpin Optimates
(elemen konservatif di Senat Romawi). Ia berbicara untuk berunding di Pompey
melawan Mithradates VI, raja Pontus (di Anatolia timur laut). Hubungannya
dengan Pompey, menjadi titik fokus karirnya di dunia politik. Pemilihannya
sebagai Konsul dicapai melalui Optimates yang takut dengan ide-ide revolusioner
dari saingannya, Catiline.[2]
Dalam
pidato konsulernya yang pertama, ia menentang undang-undang agraria Servilius
Rullus, demi kepentingan Pompey yang absen, tetapi perhatian utamanya adalah
untuk menemukan dan mengumumkan niat hasrat Catiline, yang dikalahkan sebelumnya
muncul lagi pada pemilihan wilayah konsuler di 63 di mana Cicero memimpin. Catiline
kalah dan berencana untuk melakukan pemberontakan bersenjata di Italia dan
pembakaran di Roma. Cicero mengalami kesulitan dalam membujuk Senat akan
bahaya, tetapi "keputusan terakhir" (Senatus Consultum ultimum),
sesuatu seperti proklamasi darurat militer, disahkan pada 22 Oktober. Pada 8
November, setelah lolos dari upaya hidupnya, Cicero menyampaikan pidato pertama
melawan Catiline di Senat, dan Catiline meninggalkan Roma malam itu. Ini adalah
puncak dari karir politiknya.[3]
Karir Sebagai
Pengacara
Cicero
ingin mengejar karir publik di bidang politik di sepanjang tangga kehormatan
Cursus. Pada 90-88 SM, ia melayani Pompeius Strabo dan Lucius Cornelius Sulla
ketika mereka berkampanye dalam Perang Sosial. Cicero tidak memiliki selera
untuk kehidupan militer, minatnya ada pada bidang intelektual.[4]
Cicero
memulai karirnya sebagai pengacara sekitar 83-81 SM. Pidato pertama yang masih
ada adalah kasus pribadi dari 81 SM (pro
Quinctio), disampaikan ketika Cicero berusia 26. Kasus publik besar
pertamanya, di mana catatan tertulis masih ada, adalah pembelaannya pada 80 SM
atas nama Sextus Roscius. Mengambil kasus ini adalah langkah berani bagi Cicero.
Orang-orang yang dituduh Cicero atas pembunuhan itu, yang paling terkenal adalah
Chrysogonus, mempunyai kedekatan dengan diktator Sulla. Pada saat itu akan
mudah bagi Sulla untuk membunuh Cicero yang tidak dikenal. Pembelaan Cicero atas
kasus tersebut adalah tantangan tidak langsung bagi diktator Sulla, dan atas pembelaan
dalam kasus tersebut, Roscius dibebaskan. [5]
Kasus
Cicero dalam Pro Roscio Amerino
dibagi menjadi tiga bagian. Bagian
pertama merinci dengan tepat muatan yang dibawa oleh Ericius. Cicero
menjelaskan bagaimana seorang anak lelaki pedesaan dari seorang petani, yang
hidup dari kesenangan tanahnya sendiri, tidak akan memperoleh apa pun dari
melakukan pembunuhan karena ia pada akhirnya akan mewarisi tanah ayahnya. Bagian kedua menyangkut keberanian dan
keserakahan dua penuduh, Magnus dan Capito. Cicero mengatakan kepada juri bahwa
mereka lebih mungkin menjadi pelaku pembunuhan karena keduanya serakah, baik
karena bersekongkol melawan sesama kerabat dan, khususnya, Magnus, karena
keberaniannya dan karena tidak malu-malu muncul di pengadilan untuk mendukung
tuduhan palsu. Bagian ketiga
menjelaskan bahwa Chrysogonus memiliki kekuatan politik yang sangat besar, dan
tuduhan itu berhasil dibuat karena kekuatan itu. Meskipun Chrysogonus mungkin
tidak seperti yang dikatakan Cicero tentang dirinya, melalui retorika Cicero
berhasil membuatnya tampak seperti orang asing yang dibebaskan yang makmur
dengan cara licik setelah perang saudara. Cicero menduga bahwa itu menunjukkan
orang seperti apa dia dan bahwa sesuatu seperti pembunuhan tidak ada di bawahnya.[6]
Buku De Legibus
De Legibus (‘On the Laws’) adalah dialog yang
ditulis oleh Marcus Tullius Cicero selama tahun-tahun terakhir Republik Romawi.
Itu memiliki nama yang sama dengan dialog terkenal Plato, The Laws. Tidak
seperti karyanya sebelumnya de de publica,
di mana Cicero merasa terdorong untuk mengatur aksi di zaman Scipio Africanus
Minor, Cicero menulis karya ini sebagai dialog fiksi antara dirinya, saudaranya
Quintus dan teman bersama mereka Titus Pomponius Atticus. Dialog dimulai dengan
ketiganya berjalan santai melalui tanah keluarga Cicero di Arpinum dan mereka
mulai membahas bagaimana hukum seharusnya. Cicero menggunakan ini sebagai
platform untuk menguraikan teori-teorinya tentang hukum alam tentang harmoni di
antara kelas-kelas.[7]
Tiga
buku yang tersisa (dari enam yang diperkirakan), secara berurutan, menguraikan
tentang kepercayaan Cicero dalam Hukum Alam, menyusun kembali hukum-hukum agama
Roma (pada kenyataannya merupakan kemunduran terhadap hukum-hukum agama di
bawah raja Numa Pompilius) dan akhirnya berbicara tentang usulan reformasinya
terhadap Konstitusi Romawi.[8]
Buku Kesatu
Buku
itu dibuka dengan Cicero, Quintus, dan Atticus berjalan melalui rimbun yang
teduh di perkebunan Arpinum di Cicero, ketika itu terjadi di sebuah pohon oak
tua yang dihubungkan oleh legenda dengan jenderal dan konsul Gaius Marius, yang
juga merupakan penduduk asli Arpinum. Atticus mempertanyakan apakah itu masih
ada atau tidak, yang dijawab Quintus bahwa selama orang mengingat tempat dan
hubungan yang terkait dengannya, pohon itu akan tetap ada terlepas dari
keberadaan fisiknya. Ini membawa ketiganya ke dalam diskusi tentang batas
keropos antara fakta dan dongeng dalam tulisan sejarawan hari itu. Cicero
membiarkan itu bahkan di zaman mereka, banyak kisah raja-raja Romawi, seperti
Numa Pompilius bercakap-cakap dengan kepala terpenggal istrinya Egeria,
dianggap sebagai dongeng atau perumpamaan daripada sebagai insiden aktual yang
terjadi.[9]
Atticus
mengambil kesempatan untuk mendorong Cicero untuk memulai karya yang dijanjikan
tentang sejarah Romawi dan menyanjungnya dengan menunjukkan bahwa bagaimanapun
juga, Cicero mungkin menjadi salah satu lebih banyak pria berkualifikasi di
Roma untuk melakukannya, mengingat banyak kekurangan para sejarawan Romawi pada
zaman itu. Cicero memohon, menyebutkan bahwa ia memiliki tangannya yang penuh
dengan mempelajari hukum sebagai persiapan untuk kasus-kasus. Ini membawa kita
pada isi buku ini, sebuah eksposisi mata air hukum. Atticus, sebagai pengalih
perhatian, meminta Cicero untuk menggunakan sebagian dari pengetahuannya untuk
digunakan saat itu juga dan memberi mereka diskusi tentang hukum saat mereka
berjalan melintasi tanah miliknya.[10]
Bagi
Cicero, hukum bukanlah masalah ketetapan tertulis, dan daftar peraturan, tetapi
masalah yang sudah tertanam dalam jiwa manusia, sesuatu yang merupakan bagian integral
dari pengalaman manusia. Adapun alasan berlakunya hukum adalah sebagai berikut:[11]
- Manusia diciptakan oleh kekuatan atau kekuatan yang lebih tinggi (dan demi argumen, Cicero memiliki Epicurean Atticus mengakui titik bahwa kekuatan yang lebih tinggi ini terlibat dengan urusan kemanusiaan).
- Kekuatan yang lebih tinggi yang menciptakan alam semesta ini, karena alasan-alasan yang diketahui oleh dirinya sendiri, memberikan manusia dengan sedikit keilahiannya sendiri, memberi umat manusia kekuatan bicara, nalar, dan pikiran.
- Karena percikan ketuhanan di dalam manusia, mereka pasti berhubungan dengan kekuatan yang lebih tinggi dalam beberapa cara.
- Karena manusia berbagi nalar dengan kekuatan yang lebih tinggi, dan karena daya yang lebih tinggi ini dianggap baik, maka manusia, ketika menggunakan akal dengan benar, juga akan baik hati.
Alasan
inilah yang dianggap Cicero sebagai hukum. Baginya, hukum adalah apa pun yang
mempromosikan kebaikan dan melarang kejahatan. Yang menghalangi kita untuk
menegakkan ini sepenuhnya adalah kegagalan manusiawi kita, hasrat kita untuk
kesenangan, kekayaan, status, hal-hal sepele lainnya di luar kebajikan dan
kehormatan.[12] Pandangan-pandangan Cicero tentang hukum ini adalah
mencerminkan dirinya sebagai salah satu tokoh hukum alam.
Buku Kedua
Buku
kedua dimulai dengan Cicero menganut keyakinannya pada Hukum Alam. Pesta itu
telah sampai di sebuah pulau di sungai Fibrenius di mana mereka duduk dan
bersantai dan melanjutkan diskusi mereka. Ketika buku ini dimulai, Cicero dan
Atticus berdebat tentang apakah seseorang dapat memegang patriotisme untuk
negara yang lebih besar dan wilayah di mana seseorang berasal dari: yaitu,
dapatkah seseorang mencintai Roma dan Arpinum pada saat yang sama? Cicero
berpendapat bahwa tidak hanya bisa satu, tetapi itu alami. Cicero menggunakan
contoh Cato the Elder, yang pada saat
kelahirannya di Tusculum adalah warga negara Romawi, tetapi bisa, tanpa
kemunafikan, juga menyebut dirinya seorang Tuscan. Namun, Cicero juga membuat
perbedaan penting bahwa tempat kelahiran seseorang harus mengambil subordinasi
ke tanah kewarganegaraan seseorang — bahwa ada kewajiban di mana seseorang
berutang dan yang harus, jika perlu, memberikan nyawanya.[13]
Setelah
ketiganya mencapai pulau itu, Cicero meluncurkan pemeriksaan hukum. Dia mulai
dengan mengatakan bahwa hukum tidak, dan tidak bisa, dimulai dengan manusia.
Manusia, baginya, adalah instrumen kebijaksanaan yang lebih tinggi yang
mengatur seluruh bumi dan memiliki kekuatan, melalui moralitas bersama, untuk
memerintahkan yang baik atau yang melarang kejahatan. Cicero juga membuat
perbedaan dalam bagian ini antara legalisme (hukum tertulis aktual) dan hukum (benar dan salah sebagaimana didiktekan oleh kebijaksanaan abadi).
Bagi Cicero, hukum manusia bisa baik atau buruk tergantung pada apakah hukum
itu selaras dengan hukum alam yang kekal. Hukum yang diberlakukan untuk tujuan
sementara atau lokal adalah hukum, menurutnya, berdasarkan persetujuan publik.
Ia memiliki kekuatan hukum hanya selama orang mengamatinya dan negara
menegakkannya. Hukum kodrat, bagaimanapun, tidak memerlukan pengkodean, tidak
ada penegakan. Sebagai contoh, Cicero menyebutkan bahwa ketika Sextus Tarquinius,
putra Raja Lucius Tarquinius Superbus, memperkosa Lucretia, tidak ada hukum di
Roma yang mengatur pemerkosaan. Namun, bahkan pada saat itu, rakyat tahu secara
mendalam bahwa apa yang telah terjadi bertentangan dengan moralitas bersama,
dan mengikuti Lucius Junius Brutus untuk memperbaiki masalah. Hukum-hukum
jahat, atau hukum-hukum yang bertentangan dengan hukum abadi, lebih lanjut,
tidak pantas mendapatkan gelar, dan menyatakan bahwa memberlakukannya dengan
mengesampingkan hukum kekal tidak layak menyatakan status-status hukum. Untuk
menunjukkan, Cicero menggunakan analogi orang-orang yang tidak sekolah atau
dukun yang mengaku sebagai dokter dan meresepkan perawatan yang mematikan. Cicero
berpendapat, tidak ada orang yang waras, akan berani menyebut perawatan seperti
itu sebagai "obat" atau
praktik mereka sebagai "dokter".[14]
Cicero
berpendapat bahwa kepercayaan agama (kepercayaan pada para dewa, atau Tuhan,
atau kebijaksanaan Abadi) harus menjadi landasan hukum menuntun ketiganya,
secara alami, ke dalam kerangka hukum agama. Di antara hal-hal yang diakui
dalam bagian ini adalah fakta bahwa kadang-kadang hukum agama memiliki tujuan
spiritual dan pragmatis, seperti Cicero, ketika mengutip Hukum Dua Belas Tabel
dan perintah mereka terhadap penguburan atau kremasi dalam pomerium, mengakui
bahwa perintah tersebut adalah untuk menenangkan nasib untuk menghindari
bencana. Setelah diskusi tentang hukum agama, dan dengan tujuan Cicero untuk
mereplikasi prestasi Plato dengan melakukan diskusi menyeluruh tentang hukum
dalam satu hari, mereka pindah ke hukum sipil dan susunan pemerintahan.[15]
Buku Ketiga
Buku
ketiga, di mana manuskrip itu terputus, adalah pencacahan Cicero tentang
pendirian pemerintah, yang bertentangan dengan hukum agama dari buku
sebelumnya, bahwa ia akan mengadvokasi sebagai dasar bagi negara Romawi yang
direformasi.[16]
Adapun
garis besar Konstitusi yang diusulkan Cicero adalah sebagai berikut. Sistem
Yudisial Cicero, yang percaya bahwa pengadilan seperti yang dia lihat terlalu
terbuka untuk dirusak melalui penyuapan atau melalui praktik yang tajam
(seperti yang dia alami sendiri dan gagal dalam kasus Gayus Verres), akan
menempatkan persidangan kembali ke tangan rakyat pada umumnya, dengan Comitia Centuriata mengadili kasus-kasus
di mana hukumannya adalah kematian atau pengasingan, dan Concilium Plebis mengadili semua kasus lainnya. Seorang hakim
(Praetor atau bahkan Konsul) masih akan memimpin persidangan. Hakim yang sama
kemudian, atas putusan bersalah, menjatuhkan hukuman kecuali mayoritas majelis
yang relevan tidak setuju. Terkait hukum militer, Cicero berpendapat berbeda. Selama
tugas militer, tidak seperti dalam pengadilan sipil, Cicero akan menghapus hak
banding dari mereka yang dihukum karena melakukan kesalahan.[17]
Senat,
dalam hukum Cicero, tidak lagi ada hanya sebagai badan penasihat, tetapi
sekarang akan memegang otoritas legislatif yang sebenarnya, dan keputusan
mereka akan mengikat. Setiap mantan hakim memiliki hak untuk masuk ke Senat.
Dalam bagian selanjutnya dari dialog, Cicero membela demokrasi yang nyata dari
perubahan dengan menyatakan bahwa Senat akan berfungsi sebagai penyeimbang bagi
majelis rakyat yang populis dan demokratis. Lebih lanjut, Cicero akan
memberlakukan ketentuan bahwa hanya orang-orang dengan perilaku dan reputasi
yang benar-benar tidak bercela yang dapat tetap berada dalam senat. Cicero
menyatakan harapan bahwa Senat yang direformasi dapat berfungsi sebagai contoh
bagi negara Romawi lainnya dalam hal kejujuran, harmoni, kepentingan bersama,
dan permainan yang adil. Keserakahan di Senat harus dihukum berat, oleh pandangan
hukum Cicero. Ini bukan untuk menghukum keserakahan itu sendiri, tetapi karena
keserakahan di Senat menghasilkan ketamakan dan perbedaan pendapat di antara
orang-orang Romawi.[18]
________________________________
|
2.
Ibid.
3.
Ibid.
5.
Ibid.
6.
Ibid.
8.
Ibid.
9.
Ibid.
10. Ibid.
11. Ibid.
12. Ibid.
13. Ibid.
14. Ibid.
15. Ibid.
16. Ibid.
17. Ibid.
18. Ibid.